3 HAL YANG MEMPENGARUHI DAN BERBAHAYA

3 HAL YANG MEMPENGARUHI DAN BERBAHAYA

3 HAL YANG MEMPENGARUHI DAN BERBAHAYA DALAM DUNIA TRADING

Untuk terjun ke dunia trading tentu anda harus memahami beberapa hal yang mempengaruhi anda untuk profit atau juga hal yang mempengaruhi anda loss. Semuanya dapat dipelajari, meskipun anda baru masuk ke dunia trading tetapi alangkah baiknya anda pun mengetahui semua seluk beluk dalam dunia trading.

Ada beberapa hal yang cukup berbahaya dalam dunia trading:

1. Anggapan bahwa saya selalu benar

Memang sudah menjadi sifat dasar manusia yang selalu merasa benar. Melakukan entry di sana dan di sini seolah olah hal yang dilakukannya benar. Menganalisa sendiri dan terlalu percaya diri dengan keputusan yang diambil. Padahal bisa jadi keputusan yang diambil itu belum tepat. Seringkali karena trader beranggapan bahwa “Dolar pasti menguat” maka mempertaruhkan sebanyak-banyak modalnya untuk buy Dolar, tanpa mempedulikan kondisi pasar ataupun kapabilitas modalnya sendiri. Hal serupa bisa dialami oleh orang-orang lain, seperti “Harga emas pasti naik terus”, atau lainnya.

 

Pada akhirnya, mereka akan memahami bahwa akurasi tinggi tidaklah penting dalam trading. Hanya karena Anda benar, tidak berarti Anda pasti akan mendapatkan keuntungan. Umpama Dolar memang menguat, maka kapan Dolar menguat? sebelumnya akan turun dulu hingga harga berapa? Hal-hal seperti itu perlu dipertimbangkan dalam menghitung besarnya modal yang siap ditanamkan untuk “membuktikan kebenaran”.

2. Kesalahan Gambler

Seorang trader terkadang memiliki 2 sebutan, real trader atau real gambler. Trader kadang masih menggunakan emosinya dalam melakukan trading, mengambil entry di banyak pair tanpa analisa, tanpa teknik dengan hanya mengandalkan feeling dan firasat, berharap open posisi banyak juga akan menghasilka profit yang banyak, padahal tidak begitu adanya. Semakin banyak open posisi juga akan semakin besar resikonya. Terkadang trader pemula tidak paham akan itu. Trading itu tidak harus ruin dan sering, sehari satu kali saja pun sudah cukup yang petning akurat dan konsisten.

3. Membatasi Keuntungan dan Memperbesar Kerugian

Orang kebanyakn untuk membatasi keuntungan mereka dan memberikan lebih banyak ruang untuk kerugian. Tidak ada yang suka merasakan rugi. Maka dari itu, kebanyakan investor cenderung menahan posisi rugi dan berharap tren harga di pasar akan berbalik segera sehingga setidaknya posisi trading yang awalnya rugi itu bisa ditutup dalam kondisi impas. Namun, seringkali yang terjadi justru kerugian itu makin membengkak.

Di sisi lain, jika mereka sedang profit, sebagian besar investor cenderung untuk menutup posisi trading lebih awal karena mereka takut keuntungan itu akan hilang. Setelah itu, ternyata mereka menyesal mengapa mereka tidak menahan posisi trading lebih lama lagi (terdengar familiar?).

Salah satu prinsip yang paling penting dalam trading adalah bertentangan dengan kedua fenomena itu. Realitanya, sebagian kesuksesan trader terletak pada kemampuannya untuk membatasi kerugian dan membiarkan profit bertambah. Dalam bahasa Inggris, dikenal dengan pepatah, “Cut losses short, let profits run”.

Kerugian merupakan bagian yang wajar dan pasti dialami oleh semua trader. Namun, perbedaan antara trader yang profit dengan trader yang merugi, terutama pada kemampuan membatasi kerugian, sedangkan trader forex yang profit mampu menyingkirkan bias berbahaya itu dan tak sungkan untuk cut loss. Agar sukses, trader harus memahami ia bisa “mundur saat ini untuk bisa berperang di lain hari”.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonHubungi Kami Disini !!
Shares