CPI Diperkirakan Turun, Sektor Keuangan dan Harapan Kurang Hawkish The Fed Jadi Faktor Penting Bagi Dolar Kanada

Mata uang Loonie atau dolar Kanada diperkirakan akan menurun karena investor mengharapkan Ketua Federal Reserve (Fed), Jerome Powell, akan terdengar kurang hawkish terkait suku bunga.

Ketakutan yang semakin dalam atas kemungkinan terjadinya bencana perbankan global setelah kejatuhan tiga bank komersial di AS dan perusahaan perbankan Swiss terbesar kedua, Credit Suisse, memperkuat kasus kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin (bps) oleh Fed. Selain itu, dot plot untuk kenaikan suku bunga selanjutnya akan dipantau dengan seksama.

Tidak dapat disangkal bahwa inflasi AS sedang mengalami tren penurunan, oleh karena itu, Powell mungkin akan mencari untuk mencapai tingkat suku bunga terminal dengan kecepatan yang lebih rendah.

Futures S&P500 menunjukkan pemulihan yang cukup baik pada hari Senin setelah kekacauan minggu lalu, mencerminkan pemulihan dalam selera risiko dari peserta pasar. Indeks Dolar AS (DXY) telah berakhir negatif selama tiga sesi perdagangan berturut-turut karena daya tarik safe-haven yang lemah akibat goncangan perbankan.

Analis di ING percaya “Kami tidak mengharapkan terlalu banyak volatilitas jika kondisi memungkinkan Fed untuk menaikkan suku bunga sebesar 25 bps dan dot plot tidak mengejutkan terlalu banyak dan kenaikan suku bunga 50 bps yang tidak mungkin akan sangat bullish bagi Dolar.”

Sementara itu, Dolar Kanada diperkirakan akan tetap aktif dengan rilis data Indeks Harga Konsumen (CPI).

Ekonom di TDS Securities mengatakan “Kami mencari CPI untuk terus menurun menjadi 5,3% YoY karena ukuran inti melemah menjadi 4,8%. Efek dasar akan memainkan peran besar dengan harga naik 0,5% MoM, tetapi harga energi juga akan memberikan pengaruh negatif. Ini akan meninggalkan kuartal pertama (Q1) CPI sedikit di bawah Januari MPR, tetapi kami akan mencatat bahwa evolusi kerentanan sektor keuangan akan menjadi faktor yang lebih besar untuk prospek Bank of Canada (BoC) dalam jangka pendek.”

Di pasar minyak, harga minyak menunjukkan pemulihan yang signifikan setelah mencapai level terendah 15 bulan di $64,32 karena harapan bahwa OPEC bisa campur tangan di tengah harga yang turun. Harga minyak mentah telah pulih hingga mencapai sekitar $67,70 dan sedang mencari keputusan suku bunga oleh Fed untuk panduan lebih lanjut.

Grafik USDCAD Timeframe H1

MERAH : ZONA SELL

BIRU : ZONA BUY