INVESTASI YANG TIDAK AKAN INFLASI SELAIN EMAS

INVESTASI YANG TIDAK AKAN INFLASI SELAIN EMAS

INVESTASI YANG TIDAK AKAN INFLASI SELAIN EMAS

Emas dikenal sebgai investasi paling aman dan disebut juga safe haven, namun tidak ada investasi yang tidak memiliki resiko, seperti emas sekalipun. Harga emas kali ini juga cukup rendah bila dibandingkan beberapa tahun lalu, dengan harga emas yang fluktualitas yang masih belum stabil, emas juga mulai dipertimbangkan oleh para investor dan lebih memilih ke aset lain. Mau tau apa saja aset yang tidak akan inflasi?

1. Berlian

Di era sekarang ini, berlian mulai diperhitungkan sebagai jenis investasi yang menjanjikan dan menguntungkan selain emas. Berlian yang bisa dijadikan sebagai investasi yaitu berlian yang mempunyai satu karat ke atas dan juga dilengkapi dengan sertifikat untuk bisa diperjualbelikan.

Sedangkan pada berlian dengan karat kecil atau berlian yang mempunyai karat besar tetapi jika sudah menjadi butiran kecil ketika dijual harganya akan turun hingga 30 persen. Oleh karena itu, jenis berlian yang seperti itu lebih baik dipakai untuk sebagai perhiasan.

Walaupun investasi perhiasan sendiri juga seringkali masih dikaitkan dengan investasi emas karena banyak dari perhiasan terbuat dari emas, tetapi The American Jewerly Institute mencatat bahwa selama 20 tahun terakhir, perhiasan yang mengandung berlian berkualitas tinggi lebih banyak memecahkan rekor pada mayoritas acara pelelangan.

Karenanya, berlian bisa menjadi alternatif investasi cerdas yang berpotensi mengalahkan hasil dari investasi emas.

2. Jam Tangan Mewah Buatan Tangan (Fine Watches)

Investasi jam tangan mewah bukan tergolong jenis investasi tradisional. Jika Anda mencari sebuah investasi yang aman dan solid, reksadana mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebaliknya, jika Anda termasuk kelompok investor tradisional yang menginginkan memiliki aset yang nyata dan yang bernilai tinggi di sepanjang masa, maka investasi jam tangan mewah klasik bisa jadi cocok bagi Anda.

Tetapi, Anda juga harus tahu kalau tidak semua tipe dan merek jam tangan mempunyai harga jual yang akan melonjak berlipat-lipat dari harga belinya setelah lima sampai tujuh tahun. Karenanya, Anda harus tahu tipe dan merek apa saja yang bagus digunakan untuk investasi. Misalnya adalah jam tangan mewah merek Rolex, Patek Philippe, dan lain sebagainya.

Rolex adalah salah satu pilihan bagi mereka yang ingin investasi jam tangan. Selain karena Rolex merupakan merek yang populer dan disukai banyak orang di dunia, jam tangan mewah ini juga sangat mudah diperjualbelikan berkat peminatnya yang banyak. Bahkan seorang dealer vintage watch, Paul Altieri mengatakan, Rolex akan semakin tinggi nilainya setelah 20 sampai 30 tahun.

Namun, merek yang bagus bukan hanya Rolex saja. Salah satu jam tangan merek Audemars Piguet dari model The End Of Days yang dibuat untuk memperingati pemutaran film End of Days-nya Arnold Schawrzenegger dijual seharga $13,660 pada tahun 1999. Pada tahun 2010, jam tangan dari seri tersebut terjual dengan harga $85,000. Demikian pula jam tangan SkyMoon Tourbillon dari Patek Philippe yang dijual seharga $1.2 juta; tetapi saat jam buatan tahun 2003 tersebut terjual di Sotheby’s Hong Kong tahun 2008 dengan harga $1.5 juta.

3. Barang Antik

Apabila Anda termasuk orang yang suka mengoleksi barang antik, maka menjadikan koleksi anda sebagai alternatif investasi adalah pilihan yang tepat. Investasi barang antik ini merupakan jenis investasi jangka panjang dan nilai jual barang-barang antik ini juga lumayan tinggi tergantung seberapa langka barang tersebut.

Contoh barang antik yang bisa digunakan investasi yaitu senjata antik. Harga senapan baik pada pasar primer dan sekunder sudah sangat meroket akhir-akhir ini. Mulai dari pedang, pisau, keris, sampai flintlock firearms dipandang sebagai investasi yang solid di kalangan kolektor dan investor.

Selain senjata, karya seni berupa lukisan juga merupakan investasi jangka panjang dan bisnis yang besar. Bahkan investasi dalam karya seni juga bukan hanya bisa dilakukan oleh orang yang sangat kaya raya. Karya lukisan yang tidak begitu mahal di masa kini, beberapa dekade kelak juga bisa mengungguli karya seni yang lebih mahal, apabila pelukisnya ternyata berbakat dan menjadi populer.

 

(Visited 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami Disini !!
Shares