Kenaikan Suku Bunga ECB Jadi Perhatian Untuk Hasil Data PMI Zona Euro

Pasangan mata uang EURUSD turun di sekitar 1,0830 dalam sesi Tokyo. Pasangan mata uang utama diperkirakan akan terus menunjukkan momentum penurunan menuju dukungan level bulat 1,0800. Bias downside untuk pasangan mata uang bersama tersebut semakin kuat karena Indeks Dolar AS (DXY) telah menunjukkan pemulihan yang signifikan.

Futures S&P500 tetap diam setelah pemulihan pada hari Kamis yang didukung oleh janji asuransi pada deposito tambahan oleh Menteri Keuangan AS Janet Yellen, yang mengembalikan kepercayaan investor dan menunjukkan sedikit optimisme dalam ekuitas AS. Indeks Dolar AS (DXY) telah memperpanjang pemulihannya hingga mencapai 102,70 karena bank sentral lainnya di Barat juga mengikuti jejak Federal Reserve (Fed).

Pada hari Rabu, dalam pertemuan kebijakan moneter, Ketua Fed Jerome Powell memberikan tanda-tanda untuk mengakhiri kenaikan suku bunga selama setahun untuk menghindari kekacauan lebih lanjut dalam krisis perbankan. Selain itu, suku bunga telah mencapai titik di mana ruang untuk eskalasi lebih lanjut lebih sedikit.

Seperti Fed, bank sentral lain juga mempertimbangkan untuk memberi jeda pada siklus kenaikan suku bunga seperti Bank of England (BoE) dan Reserve Bank of Australia (RBA). Oleh karena itu, Indeks USD telah menunjukkan pemulihan karena daya tarik sebagai safe haven.

Sementara itu, permintaan obligasi pemerintah AS telah meningkat lebih lanjut karena investor merasa senang bahwa Fed memberi jeda pada kenaikan suku bunga lebih awal. Permintaan yang lebih tinggi untuk obligasi AS telah memangkas pengembalian yang ditawarkan pada yield Surat Utang Pemerintah AS 10 tahun di bawah 3,4%.

Ke depan, rilis PMI Global S&P zona Euro/AS (Maret) akan dipantau dengan cermat. Performa campuran diharapkan dari kedua ekonomi.

Namun, zona Euro berbeda dengan ekonomi lainnya, kenaikan suku bunga yang lebih besar masih diutamakan karena Bank Sentral Eropa (ECB) masih memiliki ruang yang lebih besar. Selain itu, inflasi inti sangat sulit karena tekanan gaji yang tinggi. Anggota kebijakan ECB, Klaas Knot mengatakan bahwa ECB tidak mungkin selesai dengan kenaikan suku bunga dan menambahkan bahwa mereka masih berpikir bahwa mereka perlu menaikkan suku bunga kebijakan pada bulan Mei.

Grafik EURUSD Timeframe H1

MERAH : ZONA SELL

BIRU : ZONA BUY