KESERAKAHAN YANG HARUS DIATASI DALAM DUNIA TRADING

KESERAKAHAN YANG HARUS DIATASI DALAM DUNIA TRADING

Yang paling bahaya dalam dunia trading bukanlah loss atau pun margin call. Tetapi yang paling bahaya adalah psikologi trader itu sendiri, apalagi jika anda mendapatkan angka biru yang terus bertambah pasti rasanya ingin mendapatkan lebih dan lebih lagi. Itulah yang dinamakan keserakahan, dan itu adalah hal yang paling bahaya dalam dunia trading.

Jadi bagaimana cara trader agar dapat mengatasi rasa serakah yang sangat manusiawi dan tidak pernah puas itu?

1. Langkah Pertama

Secara pribadi anda harus menyadari bahwa keserakahan akan berpengaruh negatif terhadap trading Anda. Untuk menjaga emosi yang merugikan seperti ini, Anda harus mempunyai perencanaan trading yang mantap. Rencanakan transaksi dengan baik, sebelum Anda melakukan open position. Penempatan strategi ini diharapkan dapat menjadi kendali Anda untuk menghindari segala hal yang bersifat serakah dalam trading.

Lebih baik lagi, jika perencanaan tersebut diuji coba terlebih dahulu. Dengan adanya pengujian strategi, maka rencana trading yang bisa Anda lakukan adalah menambahkan ukuran balance menjadi berlipat ganda secara keseluruhan.

2. Langkah Kedua

Ambillah possisi sesuai dengan prediksi danm analisa anda. Apabila pasar bergerak tidak sesuai dengan yang anda harapkan segeralah cut atau close posisi anda sebelum minus semakin banyak. Jangan ditahan terlalu lama, karena itu akan membahayakan akun anda.

3. Langkah Ketiga

Mengatasi keserakahan tidak hanya sebatas mengetahui peluang probabilitas saja. Tetapi juga mengenai pemahaman manajemen risiko. Seperti misalnya, aturan minimal 5% balance perlu diterapkan dalam trading Anda. Rasio yang dapat diterapkan adalah 1:2. Tidak diperbolehkan bagi trader untuk melakukan terlalu banyak open position dalam satu waktu. Hal ini dikarenakan, apabila trading dilakukan dengan banyak posisi, maka kemungkinan untuk melakukan keserakahan akan semakin besar.

4. Langkah Keempat

Terakhir, setelah trading dieksekusi, maka tugas Anda hanyalah membiarkannya sampai proses transaksi menjadi profit. Namun, ketika harga bergerak tidak sesuai dengan arah transaksi pada saat itu, Stop Loss (SL) merupakan tempat teraman untuk melakukan close position. Kegunaan trader keluar dari trading adalah untuk menghindari terlibatnya emosi dalam pengambilan keputusan trading.

Jadi banyak hal yang dapat dilakukan ketika anda merasa diri anda sudah mulai serakah, banyak cara untuk meminamalisir rasa serakah anda. Trading itu jangan menggebu gebu mendapatkan profit yang besar, profit itu asal cukup dan tidak loss.

 

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonHubungi Kami Disini !!
Shares