MENGAPA DOLLAR MENJADI MATA UANG DUNIA?

MENGAPA DOLLAR MENJADI MATA UANG DUNIA?

MENGAPA DOLLAR MENJADI MATA UANG DUNIA

Dollar telah menjadi mata uang dunia sejak lama, Meski telah mengalami resesi, stagflasi, perang, dan beragam gejolak lainnya, Dolar AS tetap dipilih oleh mayoritas negara di dunia sebagai mata uang cadangan (devisa). Kira kira hal apasih yang dapat menjadikan dollar tetap menjadi mata uang dunia?  Penasaran? Yuk baca artikel ini selengkapnya.

Hal yang menjadikan Dollar menjadi mata uang dunia adalah:

1. Amerika adalah Negara Adidaya Militer

Kekuatan militer, baik dari segi personel, persenjataan, maupun intelijen Amerika Serikat sulit dicari tandingannya. Sepanjang sejarah umat manusia, khususnya di era penjajahan dan masa perang dunia, rangkaian peristiwa di mana suatu mata uang menguat diiringi oleh kekuatan militer dominan bukanlah hanya satu atau dua.

2. Kekuatan Ekonomi

Penyebab utama mengapa mata uang sebuah negara bisa begitu mendominasi, tentu saja nomor satu adalah kekuatan ekonominya. Di masa lalu, basis penilaiannya adalah seberapa banyak persediaan emas, tetapi kini sudah berbeda. Semakin besar Gross Domestic Product (GDP) suatu negara dan volume transaksi lintas batasnya, maka makin besarlah permintaan untuk mata uangnya.

Lebih dari sekedar soal seberapa sehat ekonominya, suatu negeri mesti menjadi pusat permintaan barang dan jasa, sehingga mata uangnya bisa tersedia dengan mudah, didukung oleh sektor ekonomi yang kuat, dan bebas dari campur tangan pemerintah.

3.Stabilitas Dan Kredibilitas, Diterima Di Mana-Mana

Jika kita hendak berbelanja, maka tentu akan memastikan dulu bahwa di dalam dompet ada uang yang berlaku secara legal (bukan uang palsu) atau kartu debit/kredit dari bank yang bonafide, bisa diterima di banyak merchant. Demikian pula, pelaku transaksi antar negara akan memastikan bahwa mata uang yang dipakainya memiliki kredibilitas memadai dan akan diterima oleh counterparty. Banyak negara menjadikan Dolar AS sebagai mata uang utama cadangan devisanya semata karena alasan ini (selain juga ketiga poin di atas).

4. Prestise Diplomasi Luar Negeri

Setiap negara cenderung melakukan transaksi perdagangan maupun finansial dengan negara lain dengan siapa mereka punya hubungan baik. Ini salah satu sebab terkuat mengapa Dolar jadi mata uang dunia. Kekuatan diplomasi AS mengungguli negara-negara lainnya, bahkan dibanding mereka yang memiliki kekuatan ekonomi dan militer nyaris mampu bersaing. Ini karena prestise diplomasi bukan soal berapa banyak negara yang “takut”, melainkan pada seberapa mampu tim diplomat melobi, berkawan, dan meluaskan jaringan.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonHubungi Kami Disini !!
Shares