MENGOLAH KEUANGAN PRIBADI KITA

MENGOLAH KEUANGAN PRIBADI KITA

MENGOLAH KEUANGAN PRIBADI KITA

Banyak sekali orang dewasa yang tidak tahu cara mengolah keuangan dengan betul, bisa jadi karna tidak diajarkan sejak kecil. Dan kebanyakan orang tua yang mengatur keuangan anaknya, Sehingga sang anak tidak tau menau tentang keuangan yang seharusnya bagaimana. Padahal hampir semua kehidupan kita diatur dari Keuangan, JIka anda ingin anak anda matang untuk mengelola keuangan pribadi mereka, maka biarkanlah mereka untuk menangani keuangan mereka tersendiri.

Anda hanya perlu memantau dan mengajarkan mereka agar mereka bisa terus tetap mengolah keuangan mereka dengan cara sebaik mungkin. Kali ini kami akan membahas beberapa hal yang perlu kalian ajarkan kepada mereka, sehingga mereka bisa mengelola sendiri keuangan mereka.

1. Yang pertama anda harus melunaskan hutang-hutang anda, karna lebih cepat lebih baik juga.

2. Periksa pos pengeluaran cicilan hutang, apakah besarnya <= 30%. Jika lebih, artinya beban hutang anda terlalu berat dan beresiko tidak terbayar.

3. Prioritas ke-2, menabung minimal 10% dari penghasilan. Namun apabila mampu untuk melakukan lebih tinggi, maka akan lebih baik.

4. Anda  Jangan terlalu banyak menempatkan uang anda dalam tabungan. Setelah pos Dana Darurat yaitu sebesar 5-6x setelah pengeluaran bulanan terpenuhi, maka mulai berinvestasilah.

5. Anda harus berpikir 10x sebelum anda mengeluarkan uang. Apakah sudah benar-benar perlu dan telah sesuai dengan kebutuhan ? Apakah barang yang saya beli termasuk barang produktif atau konsumtif ?

6. Saat yang tepat untuk berbelanja ialah saat barang yang anda butuhkan sedang ada discount. Tapi harus diingat yang terpenting, adalah barang yang memang anda butuhkan dan sudah dianggarkan. Dengan demikian anda dapat saja melewati toko yang sedang sale besar-besaran tanpa harus masuk dan berbelanja jika tidak sedang membutuhkannya.

7. Ingat, lifesytle = expense. Ingin tahu apakah gaya hidup anda sudah sesuai dengan penghasilan? Periksa kembali pos pengeluaran rutin dan non-rutin anda. Jika tidak sesuai, lakukan pemangkasan pengeluaran anda sekarang juga.

8. Yang paling penting untuk diingat, kartu kredit bukanlah extra money. Jika menggunakan kartu kredit, pastikan bahwa memang uang untuk membayar tagihan itu sudah ada dalam budgetnya . Dengan begitu, pasti dapat anda penuhi tepat waktu.

9. Tantangan yang paling terbesar di dalam mengolah keuangan yaitu memperkecil expense (menyederhanakan gaya), dan memperbesar income anda. Jika hal ini dapat dilakukan secara sangat konsisten, keberhasilan di dalam mengelola keuangan anda dengan mudah akan segera terwujud.

10. Anda jangan mengabaikan pengeluaran-pengeluaran yang bersifat sepele dengan berjumlah kecil akan tetapi teratur/sering. Tanpa sadar, jika ditotal selama sebulan ternyata jumlahnya tidak sedikit dan cukup untuk menguras kantong kita. Hal ini harus sekali dihilangkan.

Sekian pembahasan dari kami semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Trader semua.

 

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami Disini !!
Shares