Optimisme Likuiditas Mendorong Kenaikan GBPJPY pada Awal Sesi Asia

GBPJPY menguat di awal sesi Asia pada hari Senin ini saat permintaan Yen Jepang merosot di belakang optimisme tumbuh di sektor likuiditas. Sentimen risiko mendapatkan dorongan pada hari Senin karena upaya global untuk menenangkan krisis likuiditas pekan lalu.

Untuk memulihkan kepercayaan dalam sistem keuangan, beberapa bank sentral besar, termasuk Bank of Japan (BoJ) dan Bank of England (BoE), telah melakukan upaya terkoordinasi untuk melonggarkan sistem perbankan di seluruh dunia dengan Dolar AS. Garis swap telah diperkenalkan untuk tujuan ini.

Sumber utama untuk garis swap ini adalah Federal Reserve (Fed), di mana Fed akan meminjamkan Dolar AS kepada bank sentral lainnya dengan pertukaran mata uang lokal sebagai pinjaman jangka pendek. Garis swap ini akan dimulai dari Senin hingga April.

Pada hari Minggu, Bank of England mengatakan bahwa mereka menyambut baik tindakan otoritas Swiss untuk menggabungkan Credit Suisse dengan UBS Group dan juga menekankan bahwa sistem perbankan Inggris memiliki modal dan pendanaan yang cukup.

Keputusan suku bunga BoE akan diumumkan pada hari Kamis, dan akan penting untuk melihat panduan ke depan mereka. Ini mungkin menjadi kenaikan suku bunga terakhir dari BoE di tengah krisis likuiditas yang sedang berlangsung.

Ringkasan Opini pertemuan Bank of Japan Maret yang dirilis sebelumnya tidak menunjukkan hal baru, karena bank tersebut telah berada pada posisi kebijakan moneter yang sangat longgar selama beberapa dekade.

Selain itu, Menteri Keuangan Jepang, Shunichi Suzuki, mengatakan pada hari Senin bahwa ia sedang memperhatikan pergerakan pasar setelah kesepakatan penyelamatan untuk Credit Suisse Group pada akhir pekan.

Hal ini juga penting untuk memperhatikan bagaimana minggu ini berkembang di sektor likuiditas, mengutip beberapa laporan sebelumnya yang menyatakan bahwa dua bank Eropa sedang dalam pengawasan ketat. Oleh karena itu, kenaikan nilai GBPJPY kemungkinan akan tetap rentan.

Grafik GBPJPY Timeframe H1

MERAH : ZONA SELL

BIRU : ZONA BUY

ABU-ABU : ZONA SELL & BUY (BASE M30)