PENGUASAAN PSIKOLOGI DIRI DALAM DUNIA TRADING

PENGUASAAN PSIKOLOGI DIRI DALAM DUNIA TRADING

PENGUASAAN PSIKOLOGI DIRI DALAM DUNIA TRADING

Masuk kedunia trading sebenarnya anda memasuki kawasan peluang keuntungan yang besar, tetapi keuntungan yang besar tentunya anda akan mendapatkan kerugian yang besar pula. Seorang trader akan merasa sangat bahagia apabila mengalami keuntungan yang besar dan akan stress juga apabila menerima loss yang besar. Disitulah pentingnya Penguasaan Psikologi Diri Dalam Dunia Trading. 

Ketika anda bertrading, terdapat dua emosi yang harus anda taklukan, ketakutan, dan keserakahan. Dalam intensitasnya masing-masing, setiap trader akan mengalami dan melewati kedua emosi tersebut. Trader yang cenderung berhati-hati dalam bertransaksi mungkin akan lebih banyak dikuasai oleh ketakutan. Banyak kesempatan yang hilang karena takut kalah, banyak juga keuntungan yang tidak maksimal karena emosi tersebut memaksa keluar dari posisi sebelum waktunya.

Ada beberapa sikap yang harus trader miliki untuk mengatasi dua emosi tersebut yaitu:

1. Menetapkan Tujuan yang masuk akal 

Hampir setiap buku yang mengisahkan pengalaman seorang trader sukses selalu menyebutkan bahwa keberhasilan didorong oleh tujuan yang mereka tetapkan.Tujuan tersebut membantu mendongkrak mereka untuk menjadi fokus dan berhasil. Seseorang akan bekerja secara efektif bila dia memiliki tujuan dalam pikirannya, bahkan orang tersebut akan mencapai taraf efektivitas kerja maksimal saat dia benar-benar memahami tujuan pekerjaannya dan keuntungan untuk dirinya, demikianlah cara kerja pikiran anda.

2. Anda Layak Menerima Kemenangan yang Besar dan Cepat

banyak pemikiran yang salah kita terima dari orang tua/budaya, bahkan lingkungan tempat anda bertumbuh besar. Banyak diantara anda yang diajarkan bahwa untuk mendapatkan uang haruslah bekerja keras. Semakin keras bekerja, semakin banyak anda mendapatkan uang.
Kesadaraan demikian terbawa hingga kini dan ketika anda mulai bertransaksi valas…bammm… transaksi anda menghasilkan keuntungan $1000 dalam waktu kurang dari 5 menit. Ada perasaan “tidak layak” untuk mendapatkan uang tersebut dalam waktu secepat itu. Apa yang terjadi kemudian adalah hal yang tidak dapat di duga. Anda mulai membiarkan keuntungan anda berkurang hanya demi mengurangi rasa bersalah yang timbul akibat kemenangan yang cepat tadi. Kemenangan besar yang anda peroleh merupakan salah satu hasil kerja keras dan investasi anda. Anda layak mendapatkan itu.
3. Aturlah Cara Bertransaksi anda

Buatlah aturan untuk trading anda sendiri, yaitu trading yang dilakukan dengan kebiasaan baik dari pengalaman setiap anda open posisi. Kebiasaan-kebiasaan yang anda sering lakukan dan biasanya membawa keuntungan.

4. Membuat Stop Loss yang Bijaksana 

Kemampuan anda untuk mengantisipasi dan mengawasi pergerakan harga sangat terbatas anda tidak mungkin online 24jam sehari Menyadari keterbatasan yang anda miliki dan mulai menggunakan Stop Loss merupakan sebuah langkah preventif yang sederhana dan sangat bijaksana.
5. Menjadi Objektif
Menjadi objektif saat mengamati pasar sangatlah penting. Trader yang objektif akan menerima setiap masukan dan menjadikannya bahan pertimbangan untuk mengambil posisi.
6. Trading Balas Dendam 
Jangan pernah transaksi dengan tujuan balas dendam. Dalam kondisi tersebut, emosi anda akan mungkin bergejolak dan nafsu anda meningkat. Anda marah, marah pada pasar yang bergerak tidak sesuai dengan keinginan anda, dan marah atas kecerobohan diri sendiri. Ketika kemarahan muncul, Anda mengambil keputusan transaksi untuk mengganti kerugian yang terjadi. Dengan begitu, keputusan tersebut biasanya tidak didasari atas pikiran yang jernih dan benar, sehingga akhirnya anda pun rugi dalam transaksi. Bola salju kekalahan itu terus bergerak kebawah, semakin besar dan semakin menghabiskan modal anda.

 

 

 

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonHubungi Kami Disini !!
Shares