Peningkatan Potensi Masalah di Sektor Perbankan dan Geopolitik Mempengaruhi Harga Emas

Nilai tukar XAUUSD mengalami penurunan dari titik $2.000 saat otoritas AS memberikan jaminan kepada investor bahwa mereka sangat berkomitmen dalam menangani potensi masalah di sektor perbankan. Jaminan ini, ditambah dengan penguatan kecil dolar AS dan pemulihan di pasar saham yang telah berkontribusi pada penurunan harga emas.

Namun, harga emas kemungkinan akan terus mendapat dukungan dari peristiwa makroekonomi penting, seperti masalah potensial di industri perbankan.

Lonjakan terbaru dalam swap default kredit Deutsche Bank telah menyebabkan kekhawatiran baru di kalangan investor, memicu pergeseran ke arah penghindaran risiko pada hari Jumat. Meskipun tidak ada bukti definitif tentang masalah substansial untuk Deutsche Bank, kekhawatiran tentang kurangnya modal bank-bank AS dapat menyebabkan harga emas naik.

Dalam pertemuan kebijakan minggu lalu, pejabat Federal Reserve (Fed) mencatat bahwa tidak ada tanda-tanda memburuknya ketegangan keuangan, memungkinkan mereka untuk tetap fokus pada pengurangan inflasi melalui kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Seperti yang diharapkan, Fed menaikkan suku bunga sebesar seperempat persen dan mengisyaratkan akan ada jeda. Pemilih Fed Kashkari dan pejabat lain telah mengekspresikan keyakinan mereka pada stabilitas dan ketahanan sistem perbankan AS sambil menekankan bahwa inflasi tetap menjadi prioritas.

Dalam berita geopolitik, Presiden Rusia Putin mengumumkan penempatan senjata nuklir taktis di Belarus, bersamaan dengan relokasi 10 pesawat yang mampu membawa senjata tersebut. Putin menyatakan bahwa langkah ini tidak melanggar perjanjian ketidakpenyebaran nuklir dan bahwa Rusia akan menempatkan senjata di Belarus seperti yang dilakukan AS di Eropa.

Organisasi Traktat Atlantik Utara (NATO) dan AS telah mengkritik keputusan ini, menyebutnya berbahaya dan tidak bertanggung jawab, tetapi AS juga percaya bahwa Rusia tidak bersiap-siap untuk menggunakan senjata nuklir. Eskalasi lebih lanjut dalam situasi ini dapat meningkatkan harga emas sebagai permintaan untuk tempat berlindung yang aman.

Peserta pasar sekarang menantikan rilis data Pengeluaran Konsumen Pribadi (PCE) AS pada hari Jumat. PCE inti untuk Februari diperkirakan akan naik sebesar 0,4% MoM, yang merupakan laju yang lebih lambat dibandingkan dengan kenaikan 0,6% yang terlihat pada Januari.

Tingkat PCE inti tahunan diperkirakan akan moderat menjadi 4,3% YoY, turun dari 4,7%. Rilis data ini dapat memengaruhi harga emas dan sentimen pasar, karena investor secara ketat memantau tren inflasi dan potensi dampaknya pada ekonomi dan pasar keuangan.

Grafik XAUUSD Timeframe H1

MERAH : ZONA SELL

BIRU : ZONA BUY