PENTINGKAH KONSISTENSI DALAM DUNIA TRADING?

PENTINGKAH KONSISTENSI DALAM DUNIA TRADING?

PENTINGKAH KONSISTENSI DALAM TRADING

Seorang Pilot dinilai oleh orang awam adalah pekerjaan yang keren, karena ia dapat mengemudikan mesin terbang besar, seorang chef handal akan dipuji oleh banyak orang karena masakannya yang lezat luar biasa, seorang arsitek akan dikagumi karena hasil gambarannya yang ciamik dan unik. Seseorang dengan skill akan terlihat begitu memesona dan luar biasa oleh kebanyakan orang, tanpa tahu bahwa mungkin dia dapat menjadi seorang pilot karena sekolah dan dapat menerbangkan pesawat dengan baik karena jam terbangnya sudah tinggi, seorang chef yang memasak dengan lezat juga karena dia sudah memasak berkali-kali mungkin tanpa henti hingga masakannya bisa se-lezat sekarang, dan seorang arsitek dapat menggambar dengan ciamik karena ia berlatih tanpa henti. Mereka menjadi handal karena mereka melakukan hal tersebut berkali-kali, dan tidak berhenti. Itulah konsistensi. Sama seperti di dunia trading, tidak ada yang tiba-tiba profit, tidak ada yang tiba-tiba handal, tidak ada yang tiba-tiba menjadi master. Mereka semua melakukan itu berkali-kali, dengan konsisten dan hasilnya pun luar biasa. Sepenting itu lah Konsistensi dalam dunia trading.

Namun di balik hal besar tidak mungkin tidak ada resikonya, dibalik seorang pilot yang menerbangkan pesawat ia memiliki resiko bahwa akan ada kemungkinan pesawat itu terjadi masalah hingga kecelakaan, sama seperti dalam dunia trading, para trader profesional pun memiliki resiko, namun semua tentunya ada penanganannya, seperti pilot yang sudah dilatih dalam kondisi darurat, seorang trader pun sudah paham mengenai analisis atau pun teknis yang ia miliki sehingga meminimalisir kerugian yang akan datang

Konsistensi yang harus anda lakukan dalam dunia trading:

1.Konsisten dalam menerapkan managemen resiko

Point ini yang terpenting. Management resiko dalam trading forex sangat diperlukan terutama untuk menghindari hancurnya account Anda akibat rentetan kerugian yang mungkin terjadi. Trader yang berpengalaman menganjurkan agar Anda dengan konsisten menentukan resiko per trade sebelum entry (biasanya tidak lebih dari 2% dari balance account sekarang). Selain itu, usahakan untuk selalu menentukan risk/reward ratio lebih besar dari 1:1 untuk memperoleh probabilitas profit yang memadai.

2.Konsisten dalam memperbaharui jurnal trading

Jurnal trading diperlukan sebagai alat untuk mengevaluasi keseluruhan trading Anda. Tanpa evaluasi yang konsisten Anda tidak akan tahu kinerja trading Anda. Secara rutin jurnal trading mesti Anda perbaharui guna mengetahui kekurangan Anda.

 

3.Konsisten dalam menerapkan metode dan strategi trading yang telah Anda pilih. 

Jika Anda telah menguji (bisa dengan backtest) sebuah sistem trading dan hasilnya sesuai dengan yang Anda harapkan, maka tidak seharusnya Anda berganti dengan sistem lain sebelum Anda mencobanya selama beberapa bulan. Berganti metode atau strategi trading sebelum Anda mengetahui benar kelebihan dan kekurangannya akan sangat mempengaruhi hasil akhir trading Anda. Oleh sebab itu dianjurkan untuk mencobanya dalam account demo terlebih dahulu sebelum Anda benar-benar secara konsisten menerapkannya dalam account riil.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonHubungi Kami Disini !!
Shares