PERBEDAAN TRADER DAN INVESTOR

PERBEDAAN TRADER DAN INVESTOR

PERBEDAAN TRADER DAN INVESTOR

Hallo Trader kita balik lagi nih, kemarin sempet ada yang nanya katanya apasih bedanya Trading dan Investor. Nah kali ini kita akan membahas itu ya Trader.

Di dalam dunia investasi, Trading dan Investing merupakan dua aktivitas yang sangat berbeda, walaupun Trader dan Investor  keduanya sama-sama terjun di pasar. Sudut pandangnya , cara kerjanya, dan strateginya  mereka sangat berbeda, meskipun tujuan mereka persis sama, yaitu memperoleh profit yang sebesar-besarnya dalam waktu yang sangat singkat. Pada artikel ini dijelaskan pokok-pokok perbedaan antara keduanya.

1. PENGERTIAN INVESTOR

Di dalam dunia investasi yang pada umumnya, yang sudah dikategorikan investor ialah mereka yang telah menempatkan dananya dalam instrumen investasi untuk jangka panjang seperti real estate (properti), industri skala besar maupun kecil, atau berinvestasi di pasar komoditi atau juga pasar saham dan untuk ditahan dalam jangka waktu antara panjang hingga sangat panjang. Dasar-dasar pertimbangan investor difokuskan pada  produk yang akan dibeli atau jenis usaha yang akan ditekuni. Untuk seorang investor saham, mereka tentunya  akan memilih perusahaan yang sudah benar-benar memiliki performa yang sangat bagus.

Dan biasanya, investor  yang perorangan menanggapi perubahan harga pasar dengan was-was. Contohnya saat harga emas sedang turun seperti saat ini, mereka yang telah berinvest besar di emas tentu saja sangat cemas. Namun, tentu saja tidak semua investor perorangan berlaku begitu. Mereka yang sangat serius dengan rencana dan juga strategi investasi yang sangat canggih dan matang akan bisa menuai sukses besar.

2. PENGERTIAN TRADER

Jika sang investor sudah berfokus pada fundamental produk yang akan dibeli, nah Trader berfokus pada sentimen dan kondisi sebuah  pasar. Salah seorang Trader di pasar saham kurang terlalu mempedulikan performa sebuah  saham perusahaan yang akan dibeli,  selama sentimennya  pasar terhadap perusahaan itu sangat positif, meraka akan membeli saham secepatnya dan dijual kembali. Selain itu juga, mereka akan pertimbangkan kondisi sebuah pasar, Dan jika pasar saham ini sedang terpukul oleh suasana politik yang sudah tidak kondusif hingga indeks harga saham turun,akhirnya dia  tidak akan masuk pasar hingga kondisi telah normal kembali.

Seorang Trader yang telah sangat mahir akan masuk ke semua jenis pasar, pasar forex, saham, komoditi atau future.

 

Jadi , Dari artikel yang di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa sejumlah perbedaan Trader dan Investor yang cukup sangat penting. Pertama, Investor itu fokusnya pada fundamental suatu aset, Namun Trader sangat cenderung bertindak dengan lebih pertimbangan sentimen dan juga kondisi pasar. Kedua, Trader ini cenderung melakukan transaksi dengan menggunakan sudut pandang jangka pendek, dan sedangkan investor mengambil perencanaan dalam kurun waktu yang lebih sangat panjang.

Nah begitu perbedaannya, semoga para Trader disini paham dan artikel ini bisa bermanfaat untuk para Trader.

(Visited 4 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonHubungi Kami Disini !!
Shares